Beternak Kambing 🐐🐐🐐🐐

Pengetahuan untuk para pemula peternak kambing, silahkan disimak !  
Dalam beternak kambing ada beberapa hal penting/mendasar khususnya untuk sistem breeding, salah satunya harus paham cara mengetahui kambing sedang birahi dan kambing sedang bunting. Kambing betina masuk masa birahi diantara usia 10-14 bulan. 

Ciri/tanda kambing birahi diantaranya: - Kambing mengembik/bunyi lebih sering bahkan semalaman - Kambing sering mengibaskan ekor - Vulva/bagian kemaluan keluar cairan seperti lendir berwarna bening - Kambing menggosok gosokan bagian ekor ke dinding kandang. Masa birahi kambing betina biasanya terjadi antara 18-24 hari dengan durasi sekitar12-48 jam.

Sementara itu lama kebuntingan induk biasanya diantara 144 - 152 hari pasca kambing kawin. Ciri/tanda fisik kambing sedang bunting: - Kambing lebih tenang/tidak gelisah - Nafsu makan sedikit meningkat - Kambing tidak menunjukan tanda-tanda birahi setelah masa birahi berikutnya - Perut sebelah kanan terlihat membesar - Kambing sering menggosokan perutnya ke dinding kandang - Kambing terlihat mulai membesar - Bulu terlihat lebih bersih bercahaya - Pusaran bulu pada perut terlihat membesar - Cara yang sering dilakukan untuk mengetahui kambing bunting yaitu dengan memerah sedikit air susunya,jika kebuntingan dikisaran bulan ke-3 air susu bewarna bening dengan tekstur lengket dan jika kebuntingan menginjak bulan ke- 4 hingga menjelang kelahiran air susu bewarna kekuningan dengan tekstur lengket dan pekat.

Supaya induk kambing selamat dan sehat sampai saatnya melahirkan,maka kebersihan kambing dan kandang perlu dijaga.Selain itu pemberian pakan juga perlu diperhatikan.(Hindari memberi pakan daun randu,nanas dan temu lawak pada kambing bunting). Demikian,semoga bermanfaat. 

Copas
Banyak Sumber 🌟🌟🌟🌟🌟❤️

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU DAN SECANGKIR KOPI

Segala Syukur dan Pujian Hanya Pada-Mu, Tuhan

MAMA, AKU INGIN PULANG_untukmu Emilia Sanur